Selasa, 14 Februari 2017

Ciri dan Model Khimar Syar’i Bahan Ceruti

Khimar Syar'i Bahan Ceruti- Khimar atau khumur biasanya juga disebut kerudung (dalam bahasa jawa kudung atau tudung). Jadi, khimar adalah kain yang dijulurkan guna menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada muslimah mulai belakang maupun hingga depan (termasuk menutupi selangka).
Kain untuk membuat khimar haruslah kain yang tidak menerawang. Karena ukurannya yang harus menutupi bagian tubuh wanita, maka bahan untuk membuat khimar sebaiknya bukanlah kain yang membuat panas. Hal ini agar khimar bisa tetap dipakai untuk aktivitas di dalam maupun di luar ruang. Salah satu kain yang bisa dijadikan bahan khimar adalah ceruti.

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri kain ceruti dan kelebihannya yang bisa digunakan sebagai bahan referensi, di antaranya adalah;
1.    Material Kain yang Ringan
Ceruti adalah kain yang memiliki ciri khas tipis sehingga cukup mirip seperti kain shifon, sebab bahan ceruti ini adalah turunan bahan dari sifon. Permukaan kain ceruti menyerui kulit jeruk namun lebih halus, dan memiliki bintik-bintik kecil yang halus. Bahan ini bersifat lebih lembut dan lebih elastis, lebih tebal dan lebih berat, jika dipakai bahan akan jatuh, namun enteng dan tidak mudah melayang. Terlebih, kain ceruti ini lebih lembut dari pada shifon.
2.   Banyak Pilihan Warna
Kain ceruti ini memiliki pilihan warna yang banyak. Sehingga, Khimar Syar'i Bahan Ceruti bisa dipakai untuk model berbagai kombinasi busana muslim, termasuk untuk bahan tudung atau khimar. Namun, materialnya yang sedikit menerawang sehingga membutuhkan inner atau kain furing saat digunakan sebagai busana muslimah. Kain ceruti sangat cantik dipakai jika diberi tambahan bordir sehingga tampak lebih menarik.
3.   Tekstur Elastis
Selain yang disebutkan di atas, kain ceruti juga memilik kelebihan lain yaitu jenis kain ini memiliki kontur yang elastis, karena di dalam bahan dasar kain ini mengandung benang sutra yang lembut, sehingga jika kerudung atau Khimar Syar'i Bahan Ceruti ini akan memberikan kesan mewah dan elegan.
Setelah menyimak beberapa ulasan tentang ciri-ciri kain ceruti di atas, selanjutnya simaklah ulasan artikel di bawah ini yang memberi sedikit gambaran mengenai model kain ceruti yang bisa anda jadikan contoh untuk tampil modis tapi tetap syar’i. Di antaranya adalah;
1. Khimar Ceruti Polos
Model Khimar Syar’i Bahan Ceruti yang sedang digemari muslimah saat ini adalah model khimar ceruti polos. Karena warna polos sangat mudah dikombinasikan dengan baju muslim yang memiliki motif. Anda bisa memadukan khimar syar’i polos dengan baju muslim yang memiliki motif kotak-kotak atau bunga-bunga.
2. Khimar Lapis 2
Khimar polos 2 layer juga sangat cocok bagu muslimah yang menginginkan penampilan syar'i dan modis. Khimar ini memiliki desain yang cukup simpel namun tetap nampak anggun dan mewah saat di kenakan dalam berbagai aktivitas. Namun, usahakan memilih perpaduan warna yang cocok agar penampilan anda kian menarik.
3. Khimar Bergo
Jilbab model bergo yang biasanya hanya dibuat dari bahan kaos, spandex atau katun. Kini juga bisa menggunakan kain ceruti sebagai bahan utamanya. Modelnya pun tidak perlu berubah. Seperti pada umumnya, jilbab bergo dengan pet, kain ceruti juga bisa dikombinasikan dengan pet sebagai pelengkapnya.

Demikian ulasan di atas mengenai Khimar Syar'i Bahan Ceruti, ciri-ciri kain ceruti, serta model khimar ceuti yang bisa digunakan sebagai bahan sumber informasi. Terimakasih dan selamat membaca.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar